rollertext("Life is like a roller coaster ride. Hang on tight!") rollertext

Saturday 23 January 2010

penyakit, dan sebab akibat

penyakit, setiap orang pasti tau penyakit dan tidak ingin terkena penyakit.ada yang bilang penyakit itu tidak bakal menghampiri kita kalau kita hidup sehat.kata tersebut bisa benar juga bisa tidak.
saya punya satu cerita dimana ada sebuah keluarga seba cukup yang sangat memperhatikan kesehatanya, dari mulai pola makan sampai pola olahraga.tapi tetap saja yang namanya penyakit menghinggapi keluarga tersebut dan kalau berobat itu sampai menghabiskan uang yang tidak sedikit.lalu kita bandingkan dengan keluarga yang kurang mampu dimana dari pola makan, bahkan olahraga pun ia tidak memikirkanya, tetapi kesehatanya dikatakan baik baik saja, atau kalaupun ia terkena penyakit setidaknya mengeluarkan uang yang untuk berobat itu hanya sedikit.
ini adalah suatu cerita yang mungkin seorang dokter agak sedikit susah menjawabnya.bayangkan seoarng penyapu kereta yang menyapu kereta dengan tanganya lalu membeli sebuah roti tanpa seorang tersebut mencuci tangannya. maka anda semua pasti sudah tau orang tersebut akan terkena penyakit, dikarenakan tanganya yang kotor dan banyak kuman itu menyentuh makanan yang dimakanya.tapi faktanya seorang tersebut tidak terkena penyakit.bagaimana menjelaskan ini semua?????
lalu ada seseorang yang yang sangat menjaga pola makanya, buah dan vitamin pun dimakanya dan tidak lupa berolahraga, tetapi apa, ia terkena penyakit mulai darii pilek akut sampai diare akut dengan penyembuhan biaya yang cukup mahal. mungkin ini cerita yang aneh dan janggal tapi ini fakta.

ada suatu pepatah. orang miskin hanya pantas menderita penyakit biasa saja dan orang kaya pantas menderita penyakit yang luar biasa. ya mungkin kata ini termasuk kriteria cerita diatas.

solusi dari cerita diatas.

ya mungkin kita harus intropeksi diri. semua penyakit datangnya karna diri kita, mungkin tata cara pola hidup jasmani hanya sebagian kecil untuk menjauhkan kita dari penyakit. tapi ada yang lebih penting yaitu pola hidup rohani.ini yang mungkin dilupakan oleh orang-orang. apa saja pola hidup rohani ini:
1. sholat: ini adalah salah satu pola hidup rohani yang insya allah dapat menjauhkan diri kita dari bala, penyakit serta salah satu menunaikan kewajiban kita dan telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa sholat mengandung terpi kesehatan yang dapat menjauhkan kita dari penyakit.
2.sedekah: banyak dalil yang menyatakan bahwa sedekah dapat menjauhkan kita dari bala' maupun penyakit. maka kita pun jangan menganggap remeh sedeqah ini. beberapa dalil tentang sedekah:
“Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah “ (Nabi Muhammad SAW).
“ Obatilah penyakitmu dengan bersedekah “ (Nabi Muhammad SAW).
“ Bentengilah harta bendamu dengan sedekah “(Nabi Muhammad SAW).

wallahu'alam bishowab.

0 comments: